Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sertifikasi Mobil Listrik "Tersandera" Birokrasi

Kompas.com - 13/09/2013, 20:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sertifikasi mobil listrik dari Kementerian Perindustrian diharapkan keluar pada pekan depan. Lamanya proses sertifikasi karena birokrasi yang berbelit.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan hingga saat ini surat dari Kementerian BUMN masih menyangkut di staf Kementerian Perindustrian, dan belum sampai di tangan MS. Hidayat, selaku menteri.

"Iyah, kan masih di anak buahnya," kata Dahlan kepada wartawan, Jumat (13/9/20013). Soal apakah mobil itu nantinya bisa dipamerkan dalam hajatan besar APEC, Dahlan tidak terlalu yakin. "Tergantung sertifikasinya," kata dia.

Beberapa waktu lalu, Dahlan menengok dealer mobil listrik Tesla di Seattle, Amerika Serikat (AS). Dalam studi bandingnya itu, mantan Dirut PT PLN itu, memastikan apakah benar mobil listrik keluaran AS, tidak menggunakan gearbox, seperti Ferrari jenis Tucuxi yang ditabrakkannya ke tebing di daerah Sarangan, Magetan.

Sebagai informasi, mobil listrik digadang-gadang menjadi mobil nasional. Oleh karenanya, sertifikasi menjadi penting. Sertifikasi ini menjadi tanda kendaraan tersebut layak dikendarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com