Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Kedelai Nasional Diharapkan Tembus 1,7 Juta Ton

Kompas.com - 16/09/2013, 19:46 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perrtanian (Kementan) berharap produksi kedelai nasional tembus 1,7 juta ton pada 2014. Target tersebut seiring dengan perluasan lahan seluas 200.000 hektare pada 2013, ditambah sekitar hampir 250.000 hektare pada tahun berikutnya.

"Kalau ada 1 juta hektare lahan dikalikan 1,7 ton per hektare itu ada 1,7 juta ton. Itu sudah lumayan bisa mengganti posisi kedelai impor yang terlalu besar," ungkap Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, di Jakarta, Senin (16/9/2013).

Rusman mengatakan lahan yang eksisting ditanami kedelai saat ini hanya seluas 570.000 hektare. Rusman mengatakan bahwa pihaknya optimistis produksi kedelai nasional tahun ini bisa melebihi perkiraan sementara 850 ribu ton. "Karena setelah ada intensifikasi trennya sudah kelihatan meningkat," ujarnya.

Namun, Rusman menambahkan, pihaknya belum memiliki data produksi padi hingga posisi Septermber 2013. "Realisasi belum kita hitung. Karena baru Januari-April, Mei ke Desember masih proknosis. Belum dirilis BPS kan. Nanti September baru rilis Oktober," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com