Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Mulai Stabil, Menkeu Tetap Waspada

Kompas.com - 17/09/2013, 11:48 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Chatib Basri mengingatkan semua pihak agar tetap waspada meski dalam beberapa hari terakhir ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah mulai stabil.

"Kalau saya lihat sih di semua sektor (menguat). Kita mesti tetap waspada meski ada stabilisasi terjadi dalam periode waktu terakhir ini," kata Chatib saat ditemui di gedung DPR Jakarta, Senin (16/9/2013) malam.

Berdasarkan kurs Bloomberg terakhir, rupiah naik 20 poin (0,18 persen) ke Rp 11.400 per dollar AS. Sementara berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah masih tertekan menjadi Rp 11.423 per dollar AS, dibanding sebelumnya yang masih bertahan di level Rp 11.395 per dollar AS. Sedangkan IHSG juga sudah kembali menguat 146,7 poin (3,35 persen) pada perdagangan kemarin menjadi 4.522,24. Nilai ini membaik dibanding pembukaan yang ada di level 4.403,4.

"Jadi dari beberapa hari terakhir ini sudah menguat. Kalau tidak salah, imbal hasil obligasi kita juga sudah mengalami penurunan," tambahnya.

Beberapa hari terakhir, kondisi sektor keuangan Indonesia mengalami tekanan, mulai penurunan IHSG yang hampir menyentuh kembali di bawah level 4.000 dan rupiah yang hampir menembus Rp 12.000 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com