Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Modal Diproyeksikan Variatif di Akhir Pekan

Kompas.com - 20/09/2013, 07:35 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Indeks Harga Saham Gabungan diperkirakan bergerak variatif di akhir pekan perdagangan, Jumat (20/9/2013). Peluang reli indeks akan berhadapan dengan tekanan ambil untung setelah IHSG naik pada perdagangan sebelumnya.

Ambil untung juga terjadi pada Indeks Wall Street, Kamis (19/9/20130, sehari setelah pengumuman penundaan pengurangan stimulus alias tapering dari Bank Sentral Amerika, The Federal Reserve (The Fed). Indeks Dow Jones Industrial Average melemah 0,3 persen, Indeks S&P500 melemah 0,2 persen, tetapi Indeks Komposit Nasdaq naik 0,15 persen.

Pada perdagangan Kamis, IHSG ditutup meroket 207,48 poin (4,65 persen) ke level 4.670,73 dengan jumlah transaksi sebanyak 19,8 juta lot atau setara dengan Rp 12,1 triliun. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih di pasar reguler sebesar Rp 1,178 triliun dengan saham yang paling banyak dibeli antara lain BMRI, BBCA, BBRI, BBNI dan LPKR.

Mata uang rupiah terapresiasi ke level 10.847 per dollar AS. IHSG kemarin naik sangat signifikan didorong oleh kejutan dari The Fed yang mengumumkan belum akan melakukan tapering. The Fed mengungkapkan mereka memerlukan sinyal yang lebih banyak untuk meyakinkan bahwa perbaikan ekonomi Amerika memang berkelanjutan.

Riset Panin Sekuritas mengingatkan investor bahwa penguatan IHSG kemarin bukan karena perbaikan makro Indonesia dan tapering cepat atau lambat akan terjadi sehingga penguatan ini bersifat jangka pendek. Hari ini diproyeksikan euforia kenaikan bursa masih akan berlanjut meski relatif terbatas.

IHSG diperkirakan akan bergerak pada kisaran support-resistance 4.620-4.730.  Sementara secara teknikal, menurut riset KDB Daewoo Securities Indonesia, kenaikan IHSG menjadi uptrend lanjutan setelah mengalami dua hari koreksi sehat, MACD uptrend, stochastic uptrend, dan volume juga meningkat di atas rata-rata 20 harinya.

Namun kenaikan yang cukup tinggi kemarin memberikan peluang profit taking, sehingga peluang variatif masih akan terjadi, dengan support 4.575 dan resistance 4.866. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah ANTM,TLKM dan UNVR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com