Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Absen, Sidang Dugaan Kartel Bawang Putih Ditunda

Kompas.com - 23/09/2013, 14:42 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Sidang pemeriksaan lanjutan perkara No.5/KPPU-I/2013 tentang dugaan kartel terkait Importasi Bawang Putih oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), ditunda. Pasalnya, salah satu saksi penting yaknii  Menteri Pertanian Suswono tidak bisa hadir karena tengah menemani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sebuah acara.

Komisioner KPPU, Sukarmi, kehadiran Suswono dalam persidangan ini penting.  "Secara kebijakan, dalam sidang ini, harus ada pendampingan dan kebijakan RIPH (rekomendasi impor produk hortikultura ) harus dijelaskan oleh yang bersangkutan," kata Sukarmi selaku ketua sidang, di gedung KPPU, pada Senin (23/9/2013)

Suswono sendiri telah menunjuk Kepala Biro Hukum dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Suharyanto, sebagai perwakilan dirinya dalam sidang ini. "Jadi harus ada ahli, yaitu Menteri Pertanian, Suswono, dalam persidangan. (Karena tidak hadir) Sehingga sidang ini ditunda," lanjutnya.

Pihak investigator meminta majelis untuk memanggil ulang politisi PKS tersebut. Menurut mereka, Suswono harus mengklarifikasi kasus dugaan kartel bawang putih ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com