Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Murah Bakal Sesaki Jalur Mudik

Kompas.com - 24/09/2013, 18:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Selain membuat kemacetan di kota-kota besar, kehadiran mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) diperkirakan akan membuat jalur mudik semakin padat.

"Dominasi angkutan pribadi pada angkutan Lebaran akan meningkat," ujar peneliti transportasi jalan Badan Litbang Kementerian Perhubungan, Nurjanah, Selasa (24/9/2013).

Ia menuturkan, ada wacana pendistribusian mobil murah ke luar Jawa. Namun, kata Nurjanah, LCGC merupakan citycar, sedangkan kondisi jalan di luar Jawa dan Bali kurang memadai untuk mobil jenis itu. Ia memprediksi LCGC kurang diminati di luar Jawa dan Bali.

Nurjanah mengatakan, upaya yang perlu dilakukan untuk menanggulangi peningkatan kepemilikan mobil pribadi adalah melarang masyarakat membeli atau memiliki mobil pribadi, baik mobil mahal maupun murah.

"Namun sebisa mungkin dilakukan upaya menghambat agar masyarakat enggan menggunakannya di jalan, terutama pada hari kerja saat kondisi jalan cukup padat," ucap Nurjanah.

Nurjanah mengungkapkan, akan ada dampak berantai dengan bergulirnya program mobil murah. "Sejumlah kementerian itu harus bekerja keras menanggulangi dampak negatif dari LCGC, khususnya di kota besar," ungkap Nurjanah. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com