Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pelemahan Ekspor Picu Kenaikan Rasio Utang Luar Negeri

Kompas.com - 24/09/2013, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan pelemahan ekspor menyebabkan peningkatan rasio utang luar negeri (ULN) Indonesia.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A Johansyah menjelaskan ULN swasta mengalami pertumbuhan pada kuartal II tahun 2013 secara rasio, yakni 41,4 persen. Sementara itu pada kuartal I, rasio ULN swasta mencapai 34,8 persen.

"Angka ini dari rasio seolah meningkat, tapi memang kemampuan ekspor kita menurun. Ini sejalan dengan recovery perekonomian global dan asumsi itu relatif baik tahun depan," kata Difi di Kantor Pusat BI, Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Di samping itu, pertumbuhan juga terjadi pada rasio utang atas produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II 2013 yakni 28,9 persen. Adapun pada kuartal sebelumnya sebesar 28,7 persen.

BI mencatat, perlambatan pertumbuhan ULN RI pada Juli 2013 menjadi 7,3 persen year on year. Pada Juni 2013 pertumbuhan ULN RI mencapai 8,0 persen, sehingga pada Juli 2013 posisi ULN RI mencapai Rp 259,54 miliar dollar AS.

BI menilai perlambatan pertumbuhan ULN swasta memicu perlambatan pertumbuhan ULN RI. Namun BI melihat kondisi tersebut masih cukup sehat dan berkesinambungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com