Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemahan Rupiah Diproyeksikan Berlanjut

Kompas.com - 25/09/2013, 08:41 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah bakal kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Rabu (25/9/2013) ini. Pelemahan laju rupiah diperkirakan berlanjut karena sentimen eksternal-internal di tengah kemungkinan ditahan oleh Bank Indonesia.

Menurut riset Trust Securities, laju nilai tukar rupiah terus menunjukkan pelemahannya seiring dengan sentimen negatif pernyataan beberapa petinggi The Fed bahwa pemberlakuan pengurangan stimulus dipastikan terjadi pada Oktober 2013.

Di samping itu ada kekecewaan dari beberapa petinggi The Fed atas keputusan Gubernur The Fed Ben Bernanke sehari sebelumnya. Laju rupiah juga terimbas pelemahan mata uang euro terhadap dollar AS seiring sikap melihat dan menunggu pelaku pasar mengantisipasi pembahasan fiskal APBN AS.

Di pasar spot, mayoritas mata uang utama global melemah atas dollar AS kemarin. Di sisi lain, sentimen negatif muncul dari spekulasi banyaknya perusahaan lokal di Indonesia yang membeli dollar AS menjelang akhir bulan. Ini semakin terbebani perkiraan masih akan defisitnya neraca transaksi berjalan Indonesia, sehingga membuat rupiah kian terpuruk.

Merujuk pada kurs tengah Bank Indonesia, Selasa (24/9/2013), rupiah menembus level Rp 11.500 per dollar AS, tepatnya di level Rp 11.535 per dollar AS. Sementara di spot global, rupiah ditutup turun di Rp 11.473 per dollar AS. Laju rupiah melewati target support Trust Securities di level Rp 11.525 per dollar AS. Hari ini, rupiah diproyeksikan bergerak di rentang Rp 11.423-11.560 per dollar AS dalam kurs tengah Bank Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com