Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Timah EKspor 250 Ton Komoditas Timah Lewat BKDI

Kompas.com - 25/09/2013, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Timah Tbk hari ini telah merealisasikan ekspor timah sebanyak 250 metrik ton dalam bentuk batangan. Timah tersebut merupakan hasil perdagangan yang digelar di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), di Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Pelaksanaan ekspor timah batangan itu akan dilakukan melalui pelabuhan khusus Muntok, Bangka Barat. “Nilai ekspor sebanyak 250 metrik ton itu mencapai US$ 5,52 juta dengan tujuan ekspor Singapore, Yokohama-Japan dan Shanghai-China,” jelas pernyataan resmi PT Timah.

Sebagaimana diketahui, BKDI merupakan bursa berjangka yang telah mendapat tugas dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan RI untuk melaksanakan Permendag No 32/ 2013 tentang Ketentuan Ekspor Timah.

Timah merupakan bahan logam yang banyak digunakan untuk kemasan kaleng (tin plate) terutama untuk pengalengan ikan dan daging. Logam timah juga digunakan untuk solder dan kimia timah digunakan untuk kebutuhan industri.

Sampai kemarin, Selasa (24/9), nilai transaksi perdagangan timah di Bursa Timah BKDI mencapai 585 metrik ton. (Asnil Bambani Amri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com