Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2013, 13:35 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk akhirnya mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia dengan mengambil alih 95 persen saham Saudi Telecom di Axis.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Kuala Lumpur hari ini, Kamis (26/9/2013), Axiata Group Bhd selaku induk dari XL Axiata menyampaikan nilai bisnis (enterprise value) Axis mencapai 865 juta dollar AS.

Dengan adanya pengumuman itu, dipastikam XL akan segera merampungkan akuisisi terhadap operator telepon seluler yang selama ini sahamnya dikuasai oleh Saudi Telecom itu.

Sebelumnya,  XL Axiata telah mendapatkan izin prinsip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk melakukan akuisisi operator seluler PT Axis Telekom Indonesia (Axis).  Namun, XL masih harus mendapatkan izin dari BKPM dan BEI.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas keluarnya surat izin prinsip dari Kemkominfo untuk melakukan akuisisi Axis.

Saat itu dia menyatakan bahwa  pihaknya belum bisa mengungkapkan nilai akuisisinya lantaran proses negosiasi masih berlangsung. Hasnul menjelaskan, jika nantinya proses akuisisi bisa berjalan mulus, maka XL dan Axis akan merger. "Jadi kita itu akan konsolidasi, bukan sendiri-sendiri," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com