Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Sarankan Garuda Pakai Pesawat Buatan PT DI

Kompas.com - 01/10/2013, 16:36 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, mengatakan ia telah memberi saran Direktur Utama PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA), Emirsyah Satar agar membeli pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Menurut Dahlan, penggunaan pesawat buatan PT DI bisa dimasukkan dalam rencana jangka panjang. Hal ini lantaran pesawat buatan PT DI baru siap pakai dua tahun ke depan.

"Tentu kita mau dari PT DI, tetapi keperluannya sekarang. Kalau dibuat di PT DI harus nunggu 2 tahun lagi," ungkap Dahlan ditemui usai penandatanganan kontrak kerjasama Garuda Indonesia dengan ATR dan NAC, di Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Dahlan mengatakan ia mendukung strategi Emir dalam pengadaan ATR dengan sistem sewa operasi. Dengan begitu, bisnis maskapai pelat merah tersebut tetap berkembang, tanpa menambah utang negara.

Namun ke depan, ia berharap Garuda Indonesia bisa seperti PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) dalam hal pengadaan pesawat, yakni dengan mengambil produk dalam negeri buatan PT DI.

Sebagai informasi, maskapai milik Rusdi Kirana tersebut berencana menggunakan 50 unit pesawat PT DI tipe N-219 yang dapat menjangkau bandara terpencil dengan runway pendek. Saat ini pihak Lion Air tengah menunggu prototipe dari N-219 yang diperkirakan rampung pada 2014 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com