Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Yakin Inflasi Tahunan di Bawah 9 Persen

Kompas.com - 01/10/2013, 21:39 WIB
Sandro Gatra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemerintah optimistis angka inflasi sampai akhir tahun 2013 tidak mencapai seperti yang diprediksi sebelumnya, yakni 9 persen. Keyakinan inflasi di bawah 9 persen muncul setelah terjadi deflasi 0,35 persen pada September ini.

"Dari deflasi 0,35 ini maka kita optimistis inflasi sampai akhir tahun yang diprediksi sampai 9 persen tidak akan terjadi," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sesuai sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Hatta mengatakan, ada potensi deflasi kembali terjadi di bulan Oktober ini jika fluktuasi harga makanan bisa terus dikendalikan. Untuk itu, kata dia, stabilitas harga pangan seperti kedelai, daging ayam dengan menjaga suplai akan menjadi perhatian serius pemerintah.

Ketika memimpin sidang kabinet paripurna, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar deflasi bisa dijaga. "Momentum ini kita jaga. Insya Allah upaya mengelola ekonomi kita yang sedang mengalami tekanan akan bisa berhasil," kata Presiden.

Seperti diberitakan, Badan Pusat Statistik (BPS)  mencatat, pada  September 2013 mengalami deflasi 0,35 persen atau pertama kali dalam 12 tahun terakhir. Deflasi terakhir terjadi pada September 2001.

Berdasarkan data BPS, inflasi tahun kalender (Januari-September 2013 ) sebesar 7,57 persen. Inflasi inti tahunan 8,4 persen (yoy). Inflasi inti bulanan 0,57 persen dan inflasi inti tahunan 4,72 persen (yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com