Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimistis "Shutdown" Segera Berakhir, Wall Street Melaju

Kompas.com - 02/10/2013, 07:23 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Wall Street berada di zona hijau pada perdagangan Selasa (2/10/2013) waktu setempat. Kenaikan ini ditunjang oleh harapan bahwa penutupan sebagian (shutdown) kantor pemerintahan Amerika Serikat tidak akan  mempengaruhi perekonomian secara signifikan.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 62,03 poin (0,41 persen) pada 15,191,70. Kemudian indeks S&P 500 bertamabh 13,45 poin (0,80 persen) menjadi 1.695,00, dan indeks komposit Nasdaq naik 46,50 poin (1,23 persen) ke posisi 3.817,98.

Analis menyebutkan, para investor telah mengantisipasi shutdown ini, sehingga membatasi dampaknya saat shutdown benar-benar terjadi pada Senin malam waktu setempat. Selain itu, banyak yang memprediksi, akan cepat ada solusinya.

"Kebanyakan orang tampaknya optimistik terhadap poin itu, kesepakatan akan tercapai dan hal itu tidak akan terlalu lama," ucap  William Lynch, direktur investasi dari Hinsdale Associates.

Namun, Direktur Marblehead Asset Management Mace Blicksilver, mengatakan,  akan sangat sulit untuk memperpanjang keuntungan jika shutdown berlangsung selama beberapa hari.

Selain itu, pasar juga ditunjang oleh data manufaktur September yang secara mengejutkan naik. Indeks manager pembelian dari Institute  Supply Management yang aktivitas manufaktur naik menjadi 56,2 persen dibanding 55,7 persen pada Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com