Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Pangan, Indonesia Belum Siap Hadapi MEA

Kompas.com - 02/10/2013, 20:16 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dinilai belum siap bertarung di pasar bebas ASEAN atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 mendatang.

Ketua Asosiasi Hortikultura dan Kedelai Indonesia, Benny Kusbini mengatakan, untuk urusan kedaulatan pangan saja Indonesia masih sangat labil, dan tergantung impor dari negara-negara tetangga.

"Kita harus hati-hati. Kalau melihat kondisi sekarang, saya melihatnya kita hanya akan menjadi penonton," kata dia dalam diskusi yang bertajuk Ketahanan Pangan di Tahun Politik, di Rumah Gagasan PAN, di Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Ia mencontohkan, negara Kamboja yang disebutnya seperti Indonesia di era 1965 saja bisa menjadi negara eksportir beras. Hal ini berkebalikan dengan Indonesia yang sepanjang 2011 lalu mengimpor 3 juta ton beras.

Selain beras, Benny juga menunjukkan angka-angka importasi berbagai komoditas pangan seperti jagung (2,8 juta ton), kedelai 1,8 juta ton, sapi (480 ribu ekor), susu (3,8 juta liter), beras ketan (150 ribu ton), dan beras broke (200 ribu ton).

Komoditas lainnya yakni hortikultura senilai 1,7 miliar dollar AS, soybean meal (2 juta ton), gula (2,6 juta ton), bawang merah (400 ribu ton), bawang putih (600 ribu ton), meat bone meal (500 ribu ton), serta garam (34 ribu ton per minggu).

"Gandum juga impornya tinggi 6 juta ton per tahun. Betul kita berhasil diversifikasi pangan, namun itu dari beras ke gandum. Makanya saya tidak suka mie instan," sebut Benny.

Benny yang juga sebagai Ketua DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengatakan, ada kaitan erat antara ketahanan pangan dengan kebijakan yang diambil pemerintah. Implikasi dari arah kebijakan itu bisa dilihat dari perilaku para pengusaha.

"Kalau pengusaha kita mikirnya, apa yang bisa diimpor. Kalau kita diskusi sama orang luar, mereka tanyanya apa yang Anda butuh dari saya, saya ada," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com