Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Investor AS "Happy" di Indonesia

Kompas.com - 03/10/2013, 13:54 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal meminta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk tetap menarik minat investor asing dalam menanamkan modalnya di Indonesia. Apalagi beberapa pelayanan kantor pemerintah AS saat ini sedang berhenti (shutdown).

"Indonesia harus fokus, keep investor happy. Berikan juga insentif, tarik lagi investor yang belum masuk. Itu pekerjaan rumah kita," kata Dino saat ditemui di kantor BKPM Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Ia berharap dampak shutdown pemerintah AS ini tidak terlalu lama. Sebab, dengan tidak jadinya rencana The Fed untuk memberikan stimulus justru membuat investor asal AS kembali ke negaranya.

Kondisi tersebut, kata Dino harus dicermati oleh semua pihak baik dari Bank Indonesia (BI), perbankan hingga BKPM. Sebab, AS sendiri menginginkan ada investasi lanjutan di 2013 hingga 2018 mendatang dengan nilai 61 miliar dollar AS.

"Mudah-mudahan dampak shutdown ini tidak berlaku lama. Tapi homework kita, menjaga convidence investor asing kepada Indonesia agar mereka tetap stay di Indonesia," tambahnya.

Dino menganggap, masyarakat AS sudah jenuh melihat kongres yang selalu debat sendiri. Kemudian masyarakat AS dan kongres AS sendiri malas membaca surat Obama khususnya alasan pemerintah AS melakukan shutdown pemerintahannya. "Dan itu mencerminkan sekarang kondisinya di Amerika Serikat sangat terpolarisasi. Kita harapkan semoga bisa ada solusi," jelasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com