Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: AS Tak Naikkan Plafon Utang, Ekonomi Global Terancam

Kompas.com - 04/10/2013, 10:49 WIB


WASHINGTON, KOMPAS.com -
Dana Moneter Internasional ( IMF) memperingatkan Amerika Serikat (AS) agar segera menaikkan kemampuan plafon pinjaman negara tersebut.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan, jika Kongres AS gagal menaikkan plafon utang pemerintah, maka hal serius dapat terjadai terhadap perekonomian AS dan perekonomian global.

"Di tengah tantangan fiskal saat ini, ketidakpastian politik yang sedang berlangsung atas anggaran dan plafon utang tidak bisa membantu," kata Lagarde menanggapi status shutdown untuk sebagian layanan pemerintah.

Shutdown yang dilakukan AS ini merupakan yang pertama kali sejak 17 tahun terakhir. Shutdown terjadi karena Kongres tidak menyetujui kebijakan anggaran pada hari Senin lalu.

Partai Republik di DPR menuntut agar Obama segera melakukan perubahan aturan terkait Undang-undang kesehatan atau dikenal dengan Obamacare..

"Keputusan shutdown pemerintah AS itu buruk, tapi kegagalan menaikkan plafon utang akan jauh lebih buruk , tidak hanya merusak ekonomi AS , tetapi juga ekonomi global," tegas Lagarde saat berpidato di Universitas George Washington.

Menteri Keuangan AS Jacob Lew telah mengajukan plafon utang senilai  16,7 triliun dollar AS ke kongres. Namun , anggota parlemen dari Republik bersikeras menolaknya. (Asnil Bambani Amri)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com