Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Presiden Korsel Mengenai Kesuksesan K-Pop

Kompas.com - 06/10/2013, 19:00 WIB
Didik Purwanto

Penulis


NUSA DUA, KOMPAS.com — Presiden Korea Selatan Park Geun-hye memiliki cerita di balik kesuksesannya mengantarkan budaya K-Pop bisa diterima di seluruh dunia. Apa rahasianya?

Korea Selatan memiliki sumber daya alam yang minim. Namun, Korea Selatan tidak lantas berputus asa untuk bisa mengejar ketertinggalannya dengan negara lain.

"Kami memiliki ekonomi kreatif yang memberdayakan masyarakat. Kegiatan ini sebenarnya ada di setiap negara, tetapi kami dapat mengemasnya karena kami tidak memiliki sumber daya alam seperti yang ada di negara lain," kata Presiden Park saat APEC CEO Summit di Bali International Convention Center, Minggu (6/10/2013).

Ekonomi kreatif yang disebut Presiden Park adalah budaya musik dan film Korea. Bahkan budayanya sudah merambah ke makanan Korea hingga perbankan Korea. Budaya ini dianggap merupakan budaya yang tidak berdampak pada lingkungan hidup. Hal ini berbeda bila Korea mengelola sumber daya alam yang dimilikinya sehingga akan sedikit mengganggu ekosistem di sekitarnya.

Apalagi, budaya kreatif juga tidak memiliki batasan hukum sehingga industri budaya kreatif tersebut terus berlanjut hingga saat ini. "Namun, kami memiliki kendala, yaitu kami kurang akses terhadap pinjaman perbankan. Sebab, ekonomi kreatif ini memang sulit untuk mendapatkan akses dana. Makanya, kami akan kembangkan infrastruktur untuk mendukung itu," tambahnya.

Ke depan, Korea Selatan berkomitmen untuk bisa mentransfer teknologi, informasi, hingga budaya soal industri kreatif tersebut. Saat ini, Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dari penerimaan negara, khususnya dari industri kreatif juga besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com