Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Dorong APEC Lakukan Pendekatan Geografis

Kompas.com - 08/10/2013, 14:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mendorong negara-negara ekonomi APEC melakukan pendekatan geografis guna menyukseskan konferensi tingkat menteri (KTM) Organisasi Pedagangan Dunia (WTO) di Bali, Desember 2013.

"Salah satu usulan saya adalah agar anggota APEC melakukan pendekatan geografis, Chile, Meksiko, Peru misalnya dapat menggalang dukungan di kalangan negara-negara Amerika Latin, atau Indonesia sendiri yang bisa melakukan pendekatan pada India atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang punya pengaruh di kawasan Afrika bisa meyakinkan mereka bersikap proaktif atas perundingan Bali," kata Gita Wirjawan di Nusa Dua Bali, Selasa (8/10/2013).

Pertemuan pemimpin ekonomi APEC adalah kesempatan penting menggalang kekuatan APEC untuk menyukseskan KTM Bali yang akan digelar dua bulan lagi. Kesepakatan Bali diharapkan akan jadi kunci pembuka kebuntuan perundingan Putaran Doha selama beberapa tahun terakhir.

"Para Pemimpin APEC sepakat ktm WTO di Bali Bulan Desember mendatang harus berhasil sebagai batu loncatan untuk menyelesaikan Perundingan Putaran Doha," kata Gita.

Oleh karenanya, Gita mengatakan, para pemimpin APEC harus saling mengingatkan perlunya anggota WTO lebih pro-aktif dalam perundingan di WTO, lebih fleksibel dalam berbagai isu runding dan bersikap pragmatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com