Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Menguat, Harga Emas Turun

Kompas.com - 09/10/2013, 08:07 WIB


CHICAGO, KOMPAS.com —
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit lebih rendah pada Selasa (9/10/2013) waktu setempat (Rabu pagi WIB) karena dollar AS menguat. Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 0,5 dollar AS, atau 0,04 persen, menjadi menetap di 1.324,6 dollar AS per ounce.

Para analis pasar mengatakan harga emas tinggal di atas tingkat 1.300 dollar AS sebagian karena daya tariknya sebagai safe haven selama ketidakpastian politik melanda AS. Namun, rebound dollar AS telah meredam permintaan pasar untuk logam mulia sebagai alternatif investasi.

Statistik menunjukkan indeks dollar Bloomberg, yang merupakan sebuah ukuran nilai tukar dollar terhadap 10 mata uang utama lainnya, naik sebanyak 0,2 persen pada Selasa.

Sebelumnya, emas mencapai posisi tertinggi satu minggu karena anggota parlemen AS tetap menemui jalan buntu atas anggaran dan peningkatan untuk plafon utang negara sehingga meningkatkan permintaan emas sebagai safe haven.

Kontrak Desember ditutup naik 1,2 persen pada Senin (7/10/2013), mendapat dukungan dari kekhawatiran bahwa kebuntuan anggaran Washington dapat menyebabkan gagal bayar (default) AS. Pada Selasa, penutupan sebagian kegiatan atau shutdown Pemerintah AS memasuki hari kedelapan.

Perak untuk pengiriman Desember naik 5,7 sen, atau 0,25 persen, menjadi ditutup pada 22,443 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com