Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MNC Sky Kantongi Komitmen Pinjaman 250 Juta Dollar AS

Kompas.com - 11/10/2013, 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MNC Sky Vision Tbk mendapatkan komitmen pinjaman dana dari sindikasi bank yang dipimpin oleh Deutsche Bank dan Standard Chartered Bank. Plafon pinjaman tersebut mencapai 250 juta dollar AS, dengan tenor 3 tahun dan dengan tingkat suku bunga LIBOR + 4,25 persen.

Pinjaman bank tersebut untuk membayar obligasi perseroan sebesar 165 juta dollar AS yang akan dilunasi pada pertengahan November 2013. Obligasi MSKY tersebut mempunyai kewajiban bunga 12,75 persen.

Effendi Budiman, Direktur Keuangan MSKY menyampaikan dengan peralihan sumber dana dari obligasi ke pinjaman bank dapat menghemat dana perseroan untuk bayar hutang. "Dengan selisih bunga hutang yang baru perseroan dapat menghemat sekitar 10 juta dollar AS per tahun," jelasnya usai RUPSLB di kantornya, Jumat (11/10/2013).

Effendi sendiri menjelaskan total pembayaran obligasi sebesar 190 juta dollar AS, dengan pokok 165 juta dollar AS dan 25 juta dollar AS untuk biaya bunga dan lainnya. Sedangkan MSKY mempunyai batas pinjaman dari bank maksimal 250 juta dollar AS.

"Kepastian berapa yang dipinjam pada pertengahan bulan depan. Yang pasti kelebihan dana pinjaman untuk biaya belanja modal pada tahun depan," jelasnya.

Effendi menyampaikan, biaya belanja modal perseroan tahun ini sebesar 100 juta dollar AS. Rinciannya, 80 persen dana untuk investasi perlengkapan pelanggan baru (decoder dan antena satelit) dan 20 persen untuk pembenahan sistem jaringan. (Oginawa R Prayogo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com