Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia: Batik di KTT APEC Bukan Buatan China

Kompas.com - 11/10/2013, 14:16 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua APEC Business Advisory Council (ABAC) Wishnu Wardhana membantah bahwa batik yang dipergunakan oleh para kepala negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC merupakan batik dari China.

Dia mengatakan bahwa batik tersebut adalah asli buatan perajin Bali. "Tidak benar itu, batik yang dipakai oleh kepala negara di acara APEC itu semua berasal dari Indonesia, ditenun oleh perajin Bali," kata Wishnu kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Ia menambahkan, pihaknya tidak mengetahui mengapa gosip bahwa batik yang dipakai oleh kepala negara itu tersiar kabar dibuat atau diproduksi di China. Batik tersebut dipakai oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry, serta tentunya Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya tidak tahu itu, kok bisa tersiar sampai ke luar negeri. Padahal, batik itu asli dari Indonesia, dibuat oleh perajin Bali. Bahkan, istri saya juga memakainya," tambahnya.

Sekadar catatan, media Daily Mail menyebut bahwa batik khas Indonesia yang dikenakan para pemimpin dunia di KTT APEC itu adalah buatan China. Perancang batik tersebut adalah Ida Bagus Adnyana.

Daily Mail mengklaim bahwa kendati batik adalah baju asli khas Indonesia, batik yang dikenakan di KTT APEC itu adalah hasil produksi China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com