Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Investasi Korsel Akan Untungkan Indonesia

Kompas.com - 11/10/2013, 21:21 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai rencana investasi Korea Selatan akan membawa keuntungan bagi Indonesia. Salah satunya adalah penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat domestik.

Ketua Kadin Suryo Bambang Sulisto menganggap, Korea Selatan sudah memiliki modal baik secara finansial maupun secara teknologi. Apalagi dengan segala produk yang dihasilkan, khususnya produk elektronik juga sudah memiliki pasar di dalam negeri.

"Jadi tidak ada masalah. Makanya sangat menguntungkan kalau kita bisa menarik investasi dari mereka ini. Jadi kita bisa menikmati lapangan kerja, pajak nilai tambah dari produk-produk mereka," kata Suryo selepas pertemuan dengan Presiden Korea Park Geun Hye di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Di sisi lain, perusahaan-perusahaan Korea Selatan tentunya akan mendirikan pabrik di Indonesia. Harapannya, produk yang dihasilkan dari perusahaan tersebut bisa diekspor. Apalagi dengan produk keluaran produsen perusahaan Korea Selatan ini juga sudah dipakai di negara lain. Sehingga soal pasar, tentu tidak mengalami masalah bagi perusahaan Korea Selatan tersebut.

"Jadi untuk memasarkan produk, kalau dibikin di sini kan untuk ekspor. Itu kan mereka sudah pegang pasar dimana-mana. Cuma kan faktor produksinya yang mereka perlukan di Indonesia," tambahnya.

Dalam pertemuan sekitar tiga jam tadi juga dihadiri oleh beberapa perusahaan asal Korea Selatan, Menteri Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Ketua Apindo Sofyan Wanandi, Ketua Kadin Suryo Bambang Sulisto dan beberapa pengusaha besar seperti Wishnu Wardhana (Indika Energi), Erwin Aksa (Bosowa) dan Putri Kuswisnu Wardani (putri pendiri Mustika Ratu).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com