Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pondok Cabe Diwacanakan Jadi Bandara Komersial

Kompas.com - 16/10/2013, 08:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berwacana menjadikan Bandara Pondok Cabe sebagai bandara umum bagi maskapai komersial untuk menerbangkan penumpangnya.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Kemenhub Djoko Murjatmodjo mengatakan, Kemenhub akan menggunakan sumber daya yang ada untuk mengatasi kapadatan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Hanya, kata dia, menjadikan Bandara Pondok Cabe sebagai bandara komersial masih dalam batas wacana alias belum ada kepastian untuk direalisasikan.

"Ada swasta yang menginginkan pembukaan bandara tersebut bagi umum," kata Djoko di Jakarta, Senin (14/10/2013).

Ia mengatakan, masalah utama jika Pondok Cabe dibuka untuk umum ialah mengenai akses jalan. Beberapa jalan menuju Pondok Cabe, seperti Cinere, sangat padat, bahkan sering kali macet.

Selain itu, landasan pacu Pondok Cabe juga menjadi perhatian. Landasan pacu Pondok Cabe saat ini harus lebih diperpanjang lagi. Melihat ukuran pesawat komersial yang besar, landasan Pondok Cabe dirasa masih kurang besar dan kurang panjang. "Kondisi di sekeliling pondok cabe yang didominasi oleh rumah-rumah elite juga perlu dipertimbangkan," katanya.

Berbagai kendala tersebut menjadi pertimbangan yang sangat diperhatikan oleh Kemenhub. Pasalnya, pembukaan bandara ini bukan untuk sesaat, melainkan untuk jangka panjang. Jadi, kata dia, masih perlu banyak kajian untuk menjadikan Pondok Cabe sebagai bandara umum. "Namun, arahnya ke sana," katanya. (Emma Ratna F)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com