Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9.300 "Buyers" Antre di Trade Expo Indonesia

Kompas.com - 16/10/2013, 10:55 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran dagang berjuluk Trade Expo Indonesia (TEI), yang digelar pada 16-20 Oktober 2013 menyedot animo pasar baik domestik maupun mancanegara.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, TEI ke 28 yang dilaksanakan pada tahun ini mencatatkan 9.300 buyers dari 106 negara. "Jumlah buyers naik 90 persen dibanding tahun lalu. Target transaksinya 2 miliar dollar AS," kata Gita dalam sambutannya, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Gita mengaku target tersebut memang sangat ombisius. Namun, ia yakin itu dapat terealisasi. Menurutnya, target transaksi sebesar itu tidak terlampau jauh dari realisasi nilai transaksi TEI pada 2012.

Ia mengatakan dalam 5 tahun terakhir, rata-rata nilai transaksi TEI tumbuh 42,5 persen. "TEI tahun ini spesial karena ada yang memamerkan rumah adat Palembang, dan sudah diekspor ke India," katanya.

Adapun jenis produk yang sudah dipamerkan dalam TEI tahun-tahun sebelumnya juga kembali memadati pameran itu. Diantaranya otomotif, alat kesehatan, makanan minuman, dan lain-lain "Di jasa, TEI menampilkan tenaga kerja di bidang pertambangan, konstruksi, dan surveyor," ujar Gita.

Ia mengatakan, TEI dapat digunakan sebagai media promosi para produsen. Gita berharap, inovasi yang diinisiasi Kementeria Perdagangan itu bisa menghasilkan multiplyer effect.

Selain agenda pameran sendiri, dalam TEI ke 28 kali ini pemerintah kembali memberikan penghargaan Primaniyarta kepada 39 eksportir, 20 diantaranya adalah pemain baru. Gita mengatakan, penghargaan Primaniyarta merupakan wujud apresiasi pemerintah untuk mendorong ekspor non migas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com