Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Demo Buruh Jangan Bikin Investor Takut

Kompas.com - 17/10/2013, 15:21 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengharapkan demo buruh terkait kenaikan upah sesuai kebutuhan hidup layak (KHL), tidak membuat investor semakin takut menanamkan modalnya di Indonesia.

Hatta meminta serikat buruh bisa bernegoisasi dengan pemerintah dan pengusaha untuk mencapai kesepakatan bersama soal penetapan upah buruh yang baru.

"Jadi kita percayakan pada dewan pengupahan untuk menetapkan upah minimum ini. Kalau melakukan tindakan di luar dewan pengupahan, investor bisa takut, iklim investasi nanti dinilai tidak baik, tidak kondusif," kata Hatta selepas acara Bulan Mutu Nasional di Jakarta Convention Center, Kamis (17/10/2013).

Padahal, penentuan upah buruh ini juga menjadi salah satu ukuran bagi investor terkait investasinya di Indonesia. Bila ada masalah terkait penentuan upah, maka investor pun akan berpikir ulang mau berinvestasi di sini.

Hatta ingin agar dewan pengupahan segera menetapkan upah buruh yang baru tersebut. Dengan adanya duduk bersama ini, maka forum tersebut akan menyepakati kepentingan nasional, terutama urusan upah buruh ini.

"Intinya harus ada titik temu. Kemarin kan ada usulan upah ini naik beberapa persen dan dimasukkan ke dewan pengupakan, tapi tidak dimasukkan dalam Instruksi Presiden (Inpres)," tambahnya.

Dalam penetapan pengupahan tersebut, Hatta ingin agar kriterianya bisa didasarkan pada produktivitas buruh, situasi perekonomian dan standar kebutuhan hidup layak (KHL). Masalahnya, kadang produktivitas ini tidak diperhatikan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com