Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2013, 07:05 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen positif masih menaungi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (18/10/2013). Aksi ambil untung, khususnya dari investor domestik, sewaktu-waktu di sisi lain siap menekan indeks.

Isu anggaran di Amerika Serikat telah berakhir sementara dan beralih kembali ke soal jadi tidaknya pengurangan program stimulus moneter alias tapering. Spekulasi berlanjutnya stimulus itulah yang kembali mengerek bursa Wall Street semalam waktu Indonesia. Indeks Dow Jones Industrial Average turun tipis 0,01 persen; Indeks S&P500 naik 0,67 persen mencapai rekornya di level 1.733 dan Indeks Komposit Nasdaq menguat 0,62 persen.

IHSG ditutup naik 26,67 poin (0,59 persen) ke level 4.518,93 dengan jumlah transaksi sebanyak 11,7 juta lot atau setara dengan Rp 5,4 triliun. Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 174 miliar dengan saham yang paling banyak dijual antara lain BMRI, ASII, GGRM, BBRI dan INDF. Mata uang rupiah terapresiasi ke 11.125 per dollar AS.

IHSG kemarin ditutup menguat terbatas didorong kesepakatan untuk menyudahi shutdown yang terjadi di AS. Selain itu senat juga sepakat untuk menaikkan pagu utang. Pemimpin partai Republik dan Demokrat pun sepakat mengakhiri kebuntuan dan menaikkan pagu utang yang dapat menyelamatkan AS dari gagal bayar.

Sentimen positif dari AS tersebut pun menjadi katalis positif dari bursa regional. Riset Panin Sekuritas memroyeksikan IHSG akhir pekan ini akan bergerak variatif dengan kecenderungan positif. Kisaran support-resistance indeks di level 4.475-4.550.

Sedangkan secara teknikal, menurut riset KDB Daewoo Securities Indonesia, penguatan IHSG merupakan konsolidasi dan disertai dengan peningkatan volume. Untuk hari ini diperkirakan IHSG juga akan bergerak variatif.

Indikator MACD berada pada teritori positif dan stochastic deadcross, dengan support 4.450 dan resistance 4.550. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah ADRO, GJTL dan SSIA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com