Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan China Bangun Pengolahan Minyak Sawit di Indonesia

Kompas.com - 18/10/2013, 13:18 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Perusahaan makanan asal China, China National Food Industry Corp (CFC) menggandeng Induk Koperasi Unit Desa (Inkud) untuk membangun pabrik mini pengolah minyak goreng di desa-desa penghasil kelapa sawit.

Memorandum of Understanding pembangunan pabrik mini pengolah minyak goreng itu ditandatangani oleh Ketua Inkud Herman YL Wutun dan Presiden DCFC, Cai Yongfeng, dilakukan di KBRI Beijing, Kamis (17/10/2013), disaksikan oleh Duta Besar RI untuk RRT dan Mongolia Imron Cotan.

Untuk tahap pertama, pabrik mini tersebut akan dibangun di Jambi, yang direncanakan dapat mengolah 30-40 ton tandan sawit segar per hari yang didapatkan dari petani sawit skala kecil.

Dengan pembangunan pabrik mini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani sawit secara langsung dan memberikan nilai tambah yang signifkan terhadap penghasilan mereka.

Imron Cotan menyambut baik penandatanganan MoU yang merupakan implementasi nyata dari peningkatan kerjasama antara RI-RRT itu.

“Kerjasama antara INKUD dan CFC yang berorientasi langsung pada kesejahteraan rakyat kecil ini akan membantu memperkuat terciptanya kembali jalur sutra modern RI-RRT,” kata Imron seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Jumat (18/10/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com