Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdorong Data Ekonomi China, IHSG Ditutup Menguat 0,61 persen

Kompas.com - 18/10/2013, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat sebesar 27,64 poin atau 0,61 persen di posisi 4546,57.

Menguatnya indeks tidak lepas dari dorongan positif dari regional, yang terkerek oleh pengumuman pertumbuhan ekonomi China di kuartal III mencapai 7,8 persen atau lebih tinggi dari kuartal sebelumnya 7,5 persen.

Sepanjang perdagangan hari ini, Jumat (18/10/2013), IHSG lebih banyak berada di zona merah, kendati indeks sempat muncul ke zona hijau. Mendekati penutupan pasar, indeks akhirnya benar-benar menguat dan ditutup di posisi tertingginya.

Volume perdagangan mencapai 5,94 milar lot saham senilai Rp 5,3 triliun. Terdapat 134 saham yang harganya naik, 98 saham ditutup turun dan 115 tidak berubah. Indeks sektoral ditutup bervariasi. Dari 10 indeks, empat di antaranya berakhir memerah.

Adapun indeks sektoral yang menguat di antaranya properti (1,47 persen) dan indeks saham-saham industri dasar (1,47 persen). Sementara itu, indeks sektoral yang memerah di antaranya aneka industri (-0,51 persen) dan agribisnis (-0,54 persen).

Saham-saham yang menjadi top gainers adalah INVS-W (166,66 persen), SMGR (2,80 persen), INTP (1,81 persen), BTPN (6,25 persen), HERO (6,29 persen), dan EXCL (4,27 persen).

Sebagian bursa di kawasan Asia Pasifik juga ditutup menguat pada akhir pekan ini, merespon data perekonomian China yang menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi di negara itu berjalan lebih cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com