Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Batal Bawa Inalum ke Arbitrase

Kompas.com - 18/10/2013, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah untuk membawa penyelesaian ambil alih PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) ke arbitrase internasional dibatalkan. Pemerintah beralasan, penyelesaian melalui arbitrase akan memakan waktu yang lama, antara 9 bulan sampai 10 tahun. Selain itu, biayanya pun cukup besar.

"Tim kecil masih terus berjalan bernegosiasi, pada Senin (21/10) saya akan menghadap Presiden, dan Selasa ke DPR, arahnya kemungkinan tidak akan ke arbitrase," kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jumat (18/10).

Menurut Hidayat, biaya yang perlu dikeluarkan untuk ke pengadilan arbitrase bisa lebih dari 700 juta dollar AS. Salah satunya untuk biaya sewa pengacara.

Hidayat menuturkan, bahwa amanat Presiden kepada Tim negosiasi adalah mengambil alih Inalum pada 31 Oktober 2013 secara penuh menjadi milik Indonesia. Terkait rencana pemerintah ini, Hidayat mengatakan sudah ada komunikasi dengan perwakilan Jepang.

Hidayat menjelaskan, pihak Indonesia dan Jepang kemungkinan akan menetapkan besaran ambil alih Inalum di angka pertengahan antara yang diajukan Indonesia dengan Jepang. "Bisa jadi nanti yang akan diambil angka pertengahan dari usulan pemerintah dan Jepang," katanya.

Sebagai info, nilai buku Inalum berdasarkan catatan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) usulan Indonesia adalah sebesar 424 juta dollar AS, sementara usulan pihak Jepang sebesar 626 juta dollar AS. (Arif Wicaksono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com