Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Indonesia ke AS Tetap Tinggi

Kompas.com - 19/10/2013, 08:07 WIB
Didik Purwanto

Penulis


TANGERANG, KOMPAS.com - Kegiatan ekspor komoditas dari Indonesia ke Amerika Serikat tetap tinggi, meski negara adidaya tersebut sedang menghadapi ketidakpastian politik.

Direktur Pelaksana PT Indonesia Eximbank Basuki Setyadjid mengatakan, masyarakat AS tetap membutuhkan komoditas seperti biasa, meski pemerintahannya berhenti sementara.

"Saya sudah menanyakan ke eksportir yang menjadi klien kami, apakah ekspor mereka ke AS mengalami penurunan pasca-shutdown, ternyata tidak. Permintaan mereka tetap tinggi. Itu kan pemerintahannya yang berhenti. Namun masyarakatnya kan tetap perlu makan dan itu ada komoditas dari Indonesia," kata Basuki saat media workshop di Hotel Aryaduta, Karawaci, Tangerang, Sabtu (19/10/2013).

Jenis komoditas yang permintaannya tinggi ke AS antara lain udang, kopi dan ikan. Komoditas ini memang menjadi primadona bagi Indonesia. Apalagi, Indonesia merupakan negara tropis dengan hasil kopi yang menjadi salah satu terbaik di dunia.

Khusus udang dan ikan, dua komoditas ini juga menjadi primadona bagi Indonesia karena Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan hasil komoditas hasil laut yang terkemuka.

Hal ini juga pernah diakui sendiri oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat mengunjungi Bali pada Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pasifik Economic Cooperation (APEC) awal bulan Oktober ini di Bali.

"Permintaan komoditas ini tetap tinggi. Mereka konservatif terhadap target yang ada," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com