Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revitalisasi Tambak Udang di NTB, Kementerian KKP Alokasikan Rp 5 Miliar

Kompas.com - 19/10/2013, 13:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis


SUMBAWA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan bantuan program revitalisasi tambak udang dengan total nilai Rp 5 miliar di dua sentra tambak di Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima.

Menteri KKP Syarif Cicip Sutardjo mengatakan program revitalisasi tambak udang yang dilaksanakan di enam provinsimerupakan kelanjutan dari program revitalisasi yang sudah dimulai tahun lalu.

"Potensi pertambakan (nasional) seluas 1,2 juta hektar, dengan potensi efektif untuk budidaya udang sekitar 773.000 hektar. Demfarm (demonstration farm atau tambak percontohan) dilaksanakan sejak 2012 mulai di Jawa Barat dan Banten, dilanjutkan pada 2013 di, 6 provinsi, 28 kabupaten," kata Cicip di Rapang, Motong, Sumbawa, NTB, Sabtu (19/10/2013).

Cicip mengatakan, ke depan budidaya udang semakin berpeluang karena terbebas dari tuduhan subsidi atau dumping oleh Amerika Serikat. Selain itu, udang Indonesia terbebas dari residu, dengan dicabutnya sanksi CD 220 oleh Komisi Uni Eropa.

Harga udang jenis vanamme misalnya, juga semakin baik dibanding tahun lalu. "Tahun lalu harganya masih sekitar Rp 50.000 per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp 80.000 per kilogram," kata Cicip.

Berdasarkan studi McKinsey, Indonesia diprediksi menjadi negara ekonomi terbesar ketujuh di dunia, dengan empat sektor penopang, yakni migas, hasil pertanian, hasil perikanan, serta jasa.

Sayangnya, lanjut Cicip, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir perikanan tangkap kian stagnan. Hal itu disebabkan perubahan iklim, cuaca, dan gempa, yang pada akhirnya mengubah ekosistem laut. Akhirnya, perikanan budidaya termasuk udang memiliki peluang lebih besar.

Atas dasar itulah, Cicip mengatakan pihaknya akan lebih serius mengembangkan budidaya perikanan.

Sebagai infromasi, program bantuan KKP yang diserahkan untuk budidaya udang NTB antara lain sarana demfarm yang terdiri dari plastik mulsa, kincir, genset dan pompa air senilai Rp 5 miliar, untuk Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima.

Selain menyerahkan bantuan tersebut, Cicip juga melakukan tebar perdana benur vaname di Dusun Rapang, Desa Motong, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB. Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com