Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Google Tembus 1.000 Dollar AS untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 20/10/2013, 09:11 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com -
Saham Google di bursa New York naik untuk pertama kalinya ke posisi 1.000 dollar AS, atau melompat sebesar 13,8  persen pada transaksi akhir pekan lalu, Jumat (18/10/2013). Kenaikan saham Google terjadi setelah perusahaan melaporkan laba lebih tinggi dari perkiraan analis.

Saham perusahaan raksasa situs pencari itu online itu ditutup naik 122 poin di posisi 1,011.4 dollar AS pada Jumat, atau naik sebesar 42 persen  sejak awal 2013. Kenaikan harga saham Google terjadi setelah laba perusahaan melonjak 36 persen menjadi 2,97 miliar dollar AS di periode periode Juli-September.

"Kami berhasil mencapai tujuan kami,” kata Chairman Google, Larry Page, seperti yang diberitakan BBC. Saat ini, nilai pasar Google adalah sekitar 334 miliar dollar AS, jauh di bawah nilai pasar Apple yang mencapai 461 miliar dollar AS.

Beberapa broker telah menaikkan target harga saham mereka untuk Google setelah perusahaan itu mulai dirilik pengiklan. Pada bulan Februari lalu, perusahaan meluncurkan layanan untuk pengiklan di smartphone, tablet dan juga komputer desktop.

Analis percaya, ada potensi yang signifikan untuk menghasilkan pendapatan besar lagi dari video YouTube. Sebagaimana diketahui, pertumbuhan YouTube melonjak lebih dari 75 persen  di kuartal ini dari waktu yang sama tahun sebelumnya.

"Kami memperkirakan YouTube bisa menghasilkan 4 miliar dollar AS untuk Google," tulis analis RBC Capital Markets dalam sebuah laporan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com