Sabtu, 25 Oktober 2014

Ekonomi / Keuangan

Menyimak Peran Agen Asuransi

Minggu, 20 Oktober 2013 | 12:15 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri asuransi tidak lepas dari peran agennya dalam menjangkau nasabah. Seberapa penting peran agen baik terhadap perusahaan asuransi maupun nasabah?

"Menurut saya (peran agen) besar sekali karena di manapun saat ini kan agensi masih memegang persentase yang besar," kata Chief Distribution Officer PT Sunlife Financial Indonesia Elin Waty di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Elin, seorang agen asuransi dapat membuat nasabah ingin kembali membeli produk asuransi atau malah membuat nasabah menjadi antipati terhadap produk asuransi. "Makanya saya mendukung program pemerintah untuk mengadakan licensing buat agen karena itu yang akan membedakan antara agen yang bertanggung jawab dan yang tidak," katanya.

Seorang agen asuransi, lanjut Elin, seharusnya tidak hanya sekedar menawarkan produk asuransi. Ia harus pula membantu nasabah dalam merencanakan keuangan dengan baik dan skala kebutuhan dalam hidup sang nasabah.

Sejalan dengan Elin, President Director PT Sun Life Financial Indonesia Bert Paterson mengatakan sangat penting bagi seorang agen asuransi untuk terlebih dulu mengetahui kebutuhan sang nasabah. Setelah itu, agen baru dapat menawarkan produk yang sesuai.

"Ajaklah nasabah berbincang tentang apa kebutuhannya yang terpenting saat ini, apa yang paling dikhawatirkannya saat ini. Setelah itu baru tawarkan produk yang sesuai. Jangan sampai nasabah mendapatkan produk yang salah," ujar Bert.

Seorang agen asuransi, kata Bert, harus menjangkau nasabah dengan metode yang baik. Lewat perbincangan yang hangat seperti teman, nasabah akan merasa terbantu dan kemudian memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Erlangga Djumena