Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demam Penerbangan Murah Mulai Landa Afrika

Kompas.com - 22/10/2013, 22:12 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Penetrasi industri penerbangan bertarif murah saat ini memang masih cukup rendah di kawasan Afrika, yang sejauh ini hanya berkontribusi sebesar 0,2 persen terhadap kapasitas semua penerbangan di kawasan tersebut.

Walau demikian, belakangan ini geliat industri penerbangan murah mulai melanda Afrika, seiring dengan diluncurkannya layanan penerbangan itu oleh Fastjet yang melayani rute Dar es Salaam di Tanzania ke Johannesburg pada pekan ini.

Sebagaimana dikutip dari centreforaviation.com, Selasa (22/10/2013), hingga saat ini terdapat lima rute di kawasan Afrika yang dilayani oleh penerbangan murah. Sedikitnya, rute itu membuat potensi bisnis maskapai penerbangan murah terbuka lebar.

Peluncuran penerbangan murah oleh Fastjet menjadikan maskapai itu menjadi perusahaan ketiga yang melayani low cost carrier (LCC), dan memperkuat layanan yang dilakukan oleh perusahaan lainnya, yaitu Fly540 yang berbasis di Kenya dan South African Airways (SAA).

Tiga maskapai penerbangan itu menyediakan hingga 4.000 kursi penerbangan per minggu atau 0,2 persen dari total kapasitas yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com