Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Ekonomi Indonesia Hadapi Tantangan di 2014

Kompas.com - 24/10/2013, 13:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun perekonomian global akan membaik pada tahun depan, namun Indonesia menghadapi sejumlah tantangan.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan kondisi perekonomian global yang membaik adalah bentuk fondasi ekonomi baru. Ia meyakini tahun depan negara maju akan menopang pertumbuhan ekonomi dunia.

Bagi perekonomian dalam negeri, Agus memandang menjaga kestabilan ekonomi adalah hal yang penting. Hal ini karena selama tahun 2013 perekonomian Indonesia mengalami guncangan yang menekan nilai tukar, seperti defisit neraca transaksi berjalan.

"Arah kebijakan BI akan tetap melakukan penyelesaian kebijakan dengan fokus ke stabilisasi," ujarnya, Kamis (24/10/2013)

Terkait dengan hal tersebut, Agus mengimbau para pelaku keuangan untuk tetap waspada menghadapi gelojak ekonomi ke depan. Berbagai macam risiko yang mungkin terjadi harus dapat dihindari sedini mungkin.

"Kami mengimbau pelaku sektor keuangan agar dapat mencermati dengan baik. Agar menghindari risiko yang dapat terjadi tahun mendatang," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com