Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Turun, Volvo Rumahkan 2.000 Karyawan

Kompas.com - 25/10/2013, 15:46 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif Swedia, Volvo, mengumumkan bahwa perseroan telah merumahkan sekitar 2.000 karyawan, menyusul turunnya penjualan sebesar 5 persen pada kuartal III-2013.

"Sebagai bagian dari yang sebelumnya pernah diumumkan dalam rangka efisiensi perusahaan, dewan direksi memutuskan untuk melakukan rasionalisasi karyawan, terutama pada para staf pendukung dengan jumlah mencapai sekitar 2.000 karyawan, termasuk di dalamnya adalah para konsultan," jelas manajemen, Jumat (25/10/2013).

Perusahaan menyatakan penjualan pada kuartal III turun 64,9 miliar kronor (10,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 112 triliun). Jumlah itu mengalami penurunan 5 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan turunnya penjualan, laba bersih perusahaan otomotif itu juga turun 1 persen menjadi 1,4 miliar kronor. Jumlah itu di bawah perkiraan para analis yaitu 2 miliar kronor.

CEO Volvo Olof Persson menjelaskan pada kuartal III tahun ini perseroan melakukan pembaruan terhadap produk truk. "Selain itu, kami juga memasuki fase di mana perusahaan harus fokus mengambil tindakan dan menekankan efisiensi perusahaan," lanjutnya.

Hingga saat ini, Volvo Group mempekerjakan 112.000 karyawan di seluruh dunia, termasuk 16.000 konsultan dan pekerja tidak tetap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com