Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Berinovasi Tidak Lagi Sekedar Mimpi

Kompas.com - 28/10/2013, 09:20 WIB
advertorial

Penulis

Ada pepatah mengatakan, mimpi akan tetap selamanya menjadi mimpi jika ia tidak diwujudkan. Sayangnya, mewujudkan mimpi tidaklah semudah membalik telapak tangan. Perlu niat, usaha, kerja keras, dan sarana. Untungnya untuk mendapatkan hal terakhir tersebut tidak lagi sulit sejak ajang Djarum Black Innovation Award diadakan.

Dimulai pertama kali tahun 2007, ajang ini sudah menjadi sarana bagi para inovator muda Indonesia dalam mewujudkan mimpinya. Bermula dari sebuah ide pemikiran, lalu seiring dengan berjalannya waktu, ide tersebut diuji, dipresentasikan di hadapan juri dan masyarakat, lalu dengan bantuan berbagai pihak, mimpi tersebut kemudian berubah wujud sehingga bisa disentuh, dilihat, bahkan digunakan oleh banyak orang.

Kepuasan terbesar seorang inovator bukan sekedar saat mendapat penghargaan, tapi justru saat alat ciptaan mereka berguna untuk orang banyak. Itulah yang menjadi latar belakang pemikiran para inovator muda ini saat mempresentasikan karya ciptaan mereka di hadapan para juri. Karya-karya seperti Colored, Ecobata, GasAngKus, Jajaware, dan pemenang BIA 2011, StaPack, merupakan salah satu rangkaian karya yang diciptakan untuk menjadi solusi/ jawaban terhadap masalah yang ditemui di keseharian kita. Bukan tak mungkin jika nantinya karya-karya tersebut akan diproduksi massal dan digunakan oleh masyakat luas.

 
Ajang Black Innovation Award telah sukses ‘memancing’ keluar para inovator muda untuk berani tampil mempresentasikan ide-ide kreatif mereka. Melalui ajang ini, mereka dituntut untuk peka akan kebutuhan sekitar dan mencari jalan keluarnya dengan hal yang praktis. Setiap tahunnya pula, para finalis terpilih menjadi ‘cambuk’ bagi para inovator muda lainnya yang belum muncul ke permukaan untuk semakin percaya diri bahwa suatu hari, mereka yang akan tampil dengan karya mereka.

Tepatlah jika dikatakan bahwa ajang tahunan ini telah menjadi sarana bagi setiap anak muda Indonesia untuk mewujudkan mimpi mereka. Hal inilah yang selalu dipercayai oleh Djarum Black yang melihat potensi besar di generasi muda bangsa. Raymond Portier, Brand Manager Djarum Black mengatakan, “Kami melihat potensi yang besar dari anak bangsa sehingga perlu diberikan kesempatan kepada inovator muda untuk menunjukkan inovasinya melalui ajang BIA ini. Pastinya akan menjadi kebanggaan mereka diberikan apresiasi akan hasil karyanya. Apalagi hasil karya para inovator muda ini disambut dengan baik oleh investor yang berpotensi untuk  memproduksi  secara massal. Tentu ini akan menjadi kebanggaan dan yang lebih penting adalah  menjadi pendorong lahirnya  inovasi dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia," tutup Raymond.

Mari kita terus dukung inovator muda Indonesia untuk mewujudkan mimpi cerah mereka melalui ajang Black Innovation Award.

Info lebih lengkap klik http://www.blackxperience.com/index.php?page=blackinnovationawards (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com