Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Menguat Menjelang Pertemuan The Fed

Kompas.com - 29/10/2013, 08:02 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar dollar AS menguat atas sejumlah mata uang utama di tingkat global menjelang pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) The Federal Reserve, Selasa (29/10/2013). Rupiah pun diproyeksikan potensial tertekan dalam jangka pendek karena sentimen itu.

Kendati mengalami kenaikan, menurut riset Monex Investindo Futures, dollar AS masih tertahan tidak jauh dari level terendah sejak November 2011 dibandingkan dengan euro. Situasi ini terjadi di tengah spekulasi The Fed akan mempertahankan kebijakan moneter ekstra longgar sebagai hasil pertemuan tersebut dan beberapa bulan ke depan.

Sementara di sisi lain investor juga terlihat enggan mendorong euro lebih tinggi seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) mungkin akan segera mencoba menekan nilai tukar mata uang itu. Langkah tersebut dikhawatirkan akan terjadi menyusul beberapa data ekonomi Jerman baru-baru ini, yang menyoroti kerapuhan pemulihan ekonomi di kawasan Eropa.

Rupiah sebelumnya masih positif di tengah pelemahan dollar AS. Menurut riset Trust Securities, kenaikan rupiah masih terdorong oleh penguatan mata uang di Asia.

Kenaikan won Korea Selatan merupakan imbas indeks kepercayaan konsumen, dollar Australia karena bursa sahamnya yang naik, serta ringgit Malaysia karena sentimen rencana kenaikan pajak barang dan jasa. Rupiah pun masih berada di atas target resisten di level Rp 11.123 per dollar AS. Hari ini rupiah diproyeksikan berada di rentang Rp 11.055-10.950 per dollar AS pada kurs tengah Bank Indonesia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com