Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Indonesia jadi "Mother of Opportunities"

Kompas.com - 07/11/2013, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kadin menyatakan saat ini Indonesia layak disebut sebagai mother of opportunities sebagai negara yang memiliki peluang investasi di berbagai bidang.

Dengan jumlah penduduk yangbesar, pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, dan banyak sektor yang perlu dibangun, Indonesia menjadi salah satu tujuan negara untuk tujuan investasi, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

"Saya kira tidak berlebihan jika Indonesia disebut mother of opportunities," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto dalam siaran pers, Kamis (7/11/2013).

Menurutnya, sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk mencapai 250 juta, investasi di Indonesia memberikan keuntungan yang signifikan. Kondisi itu juga didukung oleh kelas menengah yang terus meningkat.

Di sisi lain, pemerintah juga selalu menjaga stabilitas fiskal dan moneter. “Tetapi masih ada tiga faktor yang menjadi masalah investasi di Indonesia, yakni kepastian hukum yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah, infrastruktur, dan pendidikan pekerja”, ungkap Suryo dalam diskusi yang digelar di Hong Kong hari ini.

Pemerintah Indonesia, lanjutnya, saat ini sedang memperbaiki regulasi diberbagai bidang untuk menarik minat investor, di antaranya memperbaiki daftar negative investasi (DNI). Revisi tersebut memungkinkan pemodal asing semakin mudah berinvestasi.

Beberapa sektor yang sudah disebutkan adalah sektor bandara, pelabuhan, terminal barang, dan terminal penumpang darat.

Untuk itu, Suryo menambahkan, kalangan pengusaha yang tergabung di Kadin hanya meminta pemerintah memberikan kesempatan yang sama kepada pemodal asing dan lokal dalam perbaikan DNI yang akan diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com