Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha: Lebih Baik Bandara Dikelola Asing

Kompas.com - 07/11/2013, 18:55 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pemerintah membuka kesempatan asing untuk menguasai 100 persen pengelolaan bandara dengan skema public private partnership (PPP) mendapat dukungan dari kalangan pengusaha.

Chief Operating Officer PT Nusantara Infrastructure Tbk Dani Hasan optimistis jika bandara dikelola asing, maka produktivitas dan konektivitas meningkat.

"Karena kaitannya ke bisnis, create economy, quality, dan lain sebagainya," kata Dani ditemui di sela-sela Indonesia Investment Summit di Jakarta, Kamis (7/11/2013).

Dani berpendapat, bandara boleh dikelola asing asal bukan kepemilikannya. Ia juga mengatakan banyak bandara di dunia yang dikelola bukan oleh orang lokal, seperti bandara di Sydney dan Inggris. "Dubai saja asing bisa kuasai 75 persen saham di bandara," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemerintah tengah membahas revisi daftar negatif investasi. Sejumlah sektor yang rencananya bisa dimasuki asing, yaitu kebandaraan, pelabuhan, terminal darat untuk barang, wisata alam, dan periklanan.

Dalam kesempatan sama, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar memastikan meskipun bisa dimasuki asing, aset bandara tak bisa dimiliki. "Jadi hanya pengelolaan saja, itu pun lewat PPP," tutur Mahendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com