Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Terima IHPS Semester I dari BPK

Kompas.com - 11/11/2013, 14:40 WIB
Sandro Gatra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Badan Pemeriksa Keuangan menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I 2013 (IHPS) kepada pemerintah. IHPS itu diterima oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/11/2013).

IHPS diserahkan Ketua BPK Hadi Poernomo. Ikut hadir pimpinan BPK lain kecuali Rizal Djalil. Adapun Presiden SBY didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator bidang Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Keuangan Chatib Basri, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.

Sebelumnya, IHPS itu sudah diserahkan BPK kepada DPR pada awal Oktober 2013. Penyerahan ini agak jauh jaraknya dengan (penyerahan ke) DPR, kata Hadi.

Di awal pertemuan, Hadi sempat memperkenalkan anggota BPK baru Agus Djoko Pramono kepada Presiden. Ia menggantikan Taufiqurrahman Ruki yang pensiun pada Mei 2013 .

Seperti diberitakan, dalam IHPS itu, BPK menemukan belasan ribu kelemahan sistem pengendalian internal dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan perudang-undangan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, Laporan Keuangan Kementerian Lembaga, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, dan laporan badan lain senilai Rp 56,98 triliun.

Dari angka itu, sebanyak 4.589 kasus merupakan temuan yang berdampak finansial yang berpotensi merugikan negara dan kekurangan penerimaan sebesar Rp 10,74 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com