Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pewarta Foto "Kompas.com" Raih XL Award

Kompas.com - 11/11/2013, 14:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pewarta foto Kompas.com, Roderick Adrian Mozes, meraih penghargaan juara III dalam XL Awards 2013 kategori karya foto wartawan. Para pemenang diumumkan dalam acara penghargaan yang diselenggarakan di XXI Ballroom, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2013). Juara I kategori karya foto wartawan diraih oleh Maman Sukirman dan juara II diraih oleh Azis Indra, keduanya dari Koran Sindo.

Roderick menang melalui karya foto berjudul "Bersosialisasi Menggunakan Smartphone", yaitu tentang tiga orang warga yang sejajar tengah asyik menggunakan smartphone di dalam kereta rel listrik Jakarta-Bogor yang sesak oleh penumpang. Foto tersebut pernah dimuat di Kompas.com melalui judul album "Generasi Pecandu Smartphone".

Ajang tahunan ini dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu kategori karya tulis umum dan wartawan, kategori karya foto umum dan wartawan, serta kategori lomba publikasi melalui jejaring sosial (Facebook dan Twitter).

Kompetisi ini dimulai dari 11 Maret hingga 31 Agustus. Panitia XL Awards menerima setidaknya 1.311 karya foto (395 di antaranya karya foto wartawan), 576 karya tulis, dan 383 peserta sosial media dengan 2.407 karya.

Dari keseluruhan karya, dipilih 100 karya terbaik dari masing-masing kategori untuk dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Budy Rahardjo dan Nonot Harsono untuk lomba karya tulis. Oscar Matulloh dan Enny Nuraheni untuk lomba karya foto serta Enda Nasution dan Wicaksono untuk lomba publikasi melalui jejaring sosial.

Setiap pemenang mendapatkan sertifikat penghargaan dan hadiah uang tunai dengan total mencapai Rp 190 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com