Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pajak dan Kematian Sama-sama Tak Bisa Dihindari

Kompas.com - 11/11/2013, 18:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri mengatakan, pajak dan kematian merupakan dua hal yang tidak bisa dihindari.

"Memang pajak itu, selain kematian, tidak bisa dihindarkan. Dua hal itu tidak bisa dihindarkan," kata Chatib dalam sambutannya pada acara Sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 dan Fasilitas Pembayaran Pajak Melalui ATM, Senin (11/11/2013).

Meskipun tak bisa dihindari, lanjut Chatib, ia percaya proses pembayaran pajak dapat dibuat dengan cara lebih baik, manusiawi, dan mudah apabila pihak pajak dan wajib pajak dapat duduk bersama.

Selain itu, Chatib juga menjelaskan, sering kali ada persepsi yang berbeda antara pihak pajak dan pihak pengusaha. Menurut Chatib, ada ketidakpercayaan yang tinggi di antara kedua belah pihak.

"Ada ketidakpercayaan yang tinggi bahwa dari dunia usaha itu kadang-kadang dari pandangan pajak itu mau ngumpetin pajak saja. Sementara dari dunia usaha itu (berpandangan) pemerintah enggak ada kerjaan selain bikin hidup kita jadi susah," jelasnya.

Untuk mengakhiri ketidakpercayaan itu, Chatib menegaskan, kepercayaan harus digunakan sebagai landasan. Pengusaha, menurut Chatib, tidak bisa terus-menerus berpikiran bahwa mereka akan diperas. Pun hal serupa berlaku bagi petugas pajak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com