Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Asing Menjadi Penggerak IHSG

Kompas.com - 12/11/2013, 07:00 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kekuatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan kembali diuji pada perdagangan Selasa (12/11/2013). Pilihan beli atau jual investor asing bakal kembali memengaruhi pergerakan indeks.

Pada awal pekan kemarin, investor asing mencatat penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 858 miliar dengan saham yang paling banyak dijual antara lain BMRI, TLKM, BBNI, BBRI, dan BBCA. Namun, pelemahan mata uang rupiah juga kembali turut menekan indeks.

Rupiah terdepresiasi ke Rp 11.563 per dollar AS di pasar spot kemarin. Pada perdagangan Senin (11/11/2013), IHSG ditutup turun 35,00 poin (0,78 persen) ke 4.441,72 dengan jumlah transaksi sebanyak 9,1 juta lot atau setara dengan Rp 5,4 triliun.

Penurunan indeks terjadi di tengah variatifnya indeks saham di kawasan regional Asia. Sentimen positif kembali datang dari pergerakan bursa Wall Street yang ditutup menguat di awal pekan.

Naiknya kinerja sejumlah saham dan spekulasi percepatan pengurangan stimulus oleh The Fed menjadi sentimen pasar. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 0,14 persen untuk merengkuh rekor tertinggi di level 15.783. Indeks S&P500 naik 0,07 persen dan Indeks Komposit Nasdaq menguat tipis 0,01 persen.

Secara teknikal, menurut Riset KDB Daewoo Securities Indonesia, penurunan IHSG di awal pekan merupakan lanjutan setelah mengalami tekanan pada pekan lalu. Volume perdagangan diperkirakan menurun, stochastic berada di area normal, dan PSAR masih berada pada sinyal downtrend.

Untuk perdagangan hari ini diperkirakan IHSG akan kembali melanjutkan penurunannya, dengan support di 4.403 dan resistance 4.596. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah AKRA, PTBA, dan TINS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com