Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebisnis AS: Prospek Indonesia Sangat Menjanjikan

Kompas.com - 13/11/2013, 14:29 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah perwakilan dari perusahaan swasta asing asal Amerika Serikat (AS) baru saja menyambangi kantor Menteri Perdagangan Gita Wirjawan membahas prospek bisnis ke depan. Beberapa di antaranya Caterpillar, Hewlett Packard (HW), Procter & Gambler (P&G), Visa, serta Boeing.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi yang menemui mereka menyampaikan kepada wartawan bahwa mereka memandang Indonesia sebagai salah satu negara di Asia dan di dunia yang memiliki pertumbuhan ekonomi sangat baik.

“Mereka sangat bersemangat, di samping juga memberikan catatan terhadap AEC (ASEAN Economic Community). Mereka melihat Indonesia betul-betul bisa menjadi production based untuk banyak negara ASEAN lainnya,” ujar Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Di sisi lain, Bayu mengatakan, perusahaan tersebut tak terlalu menghiraukan akan digelarnya pesta rakyat Pemilu 2014 mendatang. Lebih lanjut ia mengatakan, perusahaan asing AS menilai Indonesia sudah cukup dewasa dalam berdemokrasi. Oleh karena itu, apa pun yang terjadi di politik tahun depan itu tidak akan mengganggu bisnis mereka.

“Mereka tetap melihat prospek bisnis Indonesia sangat menjanjikan walaupun mereka juga sadar bahwa tahun depan adalah tahun pemilu. Tapi mereka tak khawatir dengan itu,” katanya.

Malah, kata Bayu, mereka berencana mengembangkan bisnis di Indonesia baik dengan menanamkan modal maupun memperluas jaringan pasar. Targetnya adalah kota-kota kedua (secondary cities) seperti Jawa Timur bagian timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com