Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Tol di Atas Laut Kurang Bermanfaat

Kompas.com - 14/11/2013, 11:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Rencana pembangunan megaproyek jalan tol di atas laut yang menghubungkan Jakarta-Surabaya melalui pantai utara (Pantura) yang diusulkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, dinilai kurang bermanfaat dimata Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Natsir Mansyur, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog, menilai pembangunan pelabuhan dan penambahan armada kapal laut merupakan hal yang lebih mendesak dibandingkan proyek tol atas laut Pantura.

"Sudah ada Trans Jawa, double track, mahal bangun jalur ganda kayak gitu, investasinya darat sajalah, kita ini kan negara maritim lebih baik bangun pelabuhan sama tambah kapal," jelasnya Rabu (13/11/2013) di Jakarta.

Natsir menjelaskan jika proyek ini terus dilanjutkan, akan banyak kendala yang akan dihadapi. Sebut saja mulai dari regulasi, pembebasan lahan, atau nanti ada demo dan sebagainya. "lebih baik bangun dengan apa yang sedang kita butuhkan,"tegasnya.

Kadin berharap pemerintah bisa memilah-milah dan mengutamakan pembangunan konektifitas antar pulau yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (Rr Dian Kusumo Hapsari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com