Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Berharap BI Rate Tidak Naik Lagi

Kompas.com - 18/11/2013, 11:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengharapkan kenaikan suku bunga acuan atau BI rate hanya bersifat sementara atau tidak akan naik kembali dalam waktu dekat.

"Kami berharap BI rate ini bersifat sementara. Jangan dinaikkan lagi," kata Wakil Ketua Kadin Bidang UKM dan Koperasi Erwin Aksa di Jakarta, Senin (18/11/2013).
   
Menurut dia, kebijakan tersebut menuai kontroversi, sebab dinilai dapat mengganggu target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan pemerintah dan mengganggu dunia usaha.

Ia berpendapat, kebijakan itu sebaiknya hanya bersifat sementara untuk memperkuat nilai rupiah. Ia mengatakan, masih banyak cara untuk menguatkan rupiah, misalnya, dengan menurunkan ketergantungan terhadap impor melalui penguatan industri di dalam negeri.

Pekan lalu, Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI rate dari 7,25 persen menjadi 7,5 persen dengan mempertimbangkan masih besarnya defisit transaksi berjalan di tengah risiko ketidakpastian global yang tinggi.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A Johansyah di Jakarta, Selasa (12/11), mengatakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 12 November 2013, juga memutuskan untuk menaikkan suku bunga Lending Facility dan suku bunga Deposit Facility masing-masing naik menjadi 7,5 persen dan 5,75 persen.

"Dengan demikian, keputusan ini diambil untuk memastikan bahwa defisit transaksi bejalan menurun ke tingkat yang lebih sehat dan inflasi tetap terkendali menuju ke sasaran 3,5-5,5 persen pada 2014 sehingga tetap dapat mendukung kesinambungan pertumbuhan ekonomi," ujar Difi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com