Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pertumbuhan UKM, IFC Gandeng Danamon

Kompas.com - 19/11/2013, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha Bank Dunia, International Finance Corporation (IFC) menandatangani kesepakatan investasi dengan PT Bank Danamon Tbk senilai 75 juta dollar AS guna mendukung pertumbuhan sektor UKM di Indonesia.

Investasi ini akan membiayai pinjaman dan membantu penciptaan peluang usaha bagi UKM di Indonesia, yang selama ini terkendala dalam akses mendapatkan layanan keuangan.

Investasi IFC pada Danamon ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya lembaga keuangan itu memberikan pinjaman pembiayaan UKM sebesar 150 juta dollar AS pada tahun 2006.

"Kami merasa sangat yakim bahwa kemitraan jangka panjang ini membuktikan bagaimana Danamon dan IFC memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Direktur Utama Danamon Henry Ho di Menara Danamon, Selasa (19/11/2013).

Pada kesempatan yang sama, Country Manager IFC untuk Indonesia Sarvesh Suri menyatakan pinjaman bagi sektor UKM memainkan peranan penting dalam pengentasan kemiskinan. Danamon, menurutnya, memiliki jangkauan signifikan pada sektor UKM dan investasi pihaknya akan mendukung petkembangan UKM di Indonesia secara lebih jauh lagi.

Lebih lanjut, investasi ini dipandang sejalan dengan strategi IFC di Indonesia untuk memperkuat kemampuan lembaga keuangan untuk melayani UKM dengan lebih baik lagi. Selain itu, lapangan kerja pun dapat ditingkatkan dan menjawab beragam tuntutan yang belum dipenuhi.

"Kami sangat bangga atas kemitraan strategis dengan IFC ini dan kami yakin bahwa sektor UKM di Indonesia akan memperoleh manfaat dari peningkatan akses terhadap layanan keuangan," kata Direktur Treasury, Capital Markets, Financial Institutions and Transaction Banking Danamon Danamon, Pradip Chadva dalam kesempatan sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com