Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Wirjawan Masih Gamang Embargo Sapi Australia

Kompas.com - 21/11/2013, 19:31 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan masih pikir-pikir untuk mengembargo pasokan sapi asal Australia, menyusul hubungan bilateral yang goyah akibat penyadapan.

Menurut Gita, embargo sapi Australia bisa meningkatkan harga daging di pasaran, mengingat ketergantungan Indonesia terhadap sapi dari Australia sangat tinggi. Namun, di sisi lain, ia mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan mendukung revisi undang-undang peternakan agar Indonesia bisa mendatangkan sapi dari negara lain di luar Australia.

"Sebagai informasi, daging sapi dari India jauh lebih murah. Setengah harga dari Australia, dan Brasil juga jauh lebih murah. Jadi, tidak ada alasan untuk kita, bisa beli dari tempat lain yang mungkin hubungannya sudah lebih baik," kata Gita seusai menyaksikan penandatanganan kerja sama dengan Belanda, Kamis (21/11/2013) di Jakarta.

Ditanya perihal revisi undang-undang peternakan yang mungkin bakal ditempuh, lulusan Harvard University itu mengatakan hal tersebut akan segera ditindaklanjuti.

Ia menambahkan sudah berbicara dengan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono. "Saya sudah bicara dengan Mentan dan beliau sudah menyampaikan dan memulai untuk proses merevisi undang-undang agar kapasitas pemasukan importasi kita dari mana pun bisa ditingkatkan," ucapnya.

Kendati demikian, Gita menuturkan jangan sampai setelah sikap Australia melunak, apa yang telah diputuskan Indonesia kembali dikaji. "Tetapi kita harus garis bawahi yang mereka lakukan itu sangat di luar batas wajar dan tidak pantas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com