Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Orang Terkaya Indonesia Didominasi Orang Tua, Siapa Termuda?

Kompas.com - 22/11/2013, 14:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes baru saja dirilis, dan sebagian besar daftar tersebut diduduki oleh orang tua yang berusia di atas 60 tahun.

Dari daftar tersebut, terdapat satu orang yang paling muda. Dia adalah Ciliandra Fangiono yang saat ini berusia 37 tahun. Kekayaan Ciliandra diperoleh dari bisnis kelapa sawit yang dijalankan keluarganya sejak 1992, First Resources Ltd. Tahun ini, dia masuk posisi 17 dari orang terkaya di Indonesia.

Ciliandra merupakan generasi kedua dalam bisnis yang dijalankan itu. Adapun generasi pertama adalah sang ayah, Martias. Dikutip dari situs web First Resources Ltd, hingga akhir 2012, luasan lahan yang dimiliki perusahaan ini mencapai lebih dari 146.000 hektar. Salah satu sumbangan bertambahnya luasan lahan berasal dari akuisisi kebun kelapa sawit di wilayah Riau.

Luasan lahan tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yang masih di kisaran 130.000 hektar. Pada 2011 juga, perusahaan ini melakukan aksi korporasi besar, yaitu mengakusisi 100.000 hektar lahan di Kalimantan Timur. Saat ini, First Resources terdaftar di bursa efek Singapura.

Ciliandra Fangiono sebelumnya telah masuk ke dalam daftar orang terkaya sejak 2009 di posisi 18. Pada 2010, posisi Ciliandra turun menjadi di urutan ke-20. Posisi tersebut bertahan setahun setelahnya. Namun, tahun 2012, posisinya kembali naik di urutan 14 orang terkaya di negeri ini, dan pada tahun ini turun kembali di posisi 17.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com